PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA INGGRIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA KEPERAWATAN DI AKPER KESDAM ISKANDAR MUDA BANDA ACEH

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA INGGRIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA KEPERAWATAN

Authors

  • adminjurnal_akimba adminjurnal_akimba

DOI:

https://doi.org/10.63404/juka.v3i2.36

Keywords:

Ekstrakurikuler, prestasi belajar, bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian bersifat deskriptif korelatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan hubungan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris (English Club) terhadap prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa Akper Kesdam Iskandar Muda Banda Aceh. Penelitian ini mengambil lokasi di Akademi Keperawatan Kesdam Iskandar Muda Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Akper Kesdam IM banda Aceh. Dan sampelnya adalah mahasiswa tahun ajaran 2018/2019 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama dan jumlah mahasiswa yang menjadi responden penelitian. Angket digunakan untuk mengetahui pendapat mahasiswa mengenai kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan bahwa nilai rerata dari persepsi mahasiswa mencapai 82,3% yang berarti mahasiswa sangat setuju dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris untuk mendukung meningkatnya prestasi belajar bahasa Inggris mereka. Data tersebut diperkuat dengan hasil dokumentasi dari nilai bahasa Inggris mahasiswa. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris terbukti berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa.

Published

2023-04-25

Issue

Section

Artikel