PENERAPAN TERAPI BERMAIN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI ACEH BESAR.docx

PENERAPAN TERAPI BERMAIN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI ACEH BESAR.docx

Penulis

  • admin adminjurnal_akimba

DOI:

https://doi.org/10.63404/juka.v8i1.144

Kata Kunci:

permainan ular tangga, perkembangan kognitif pada anak

Abstrak

Perkembangan kognitif merupakan proses berfikir kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Menurut Data World  Health Organiation tercatat 52,9 juta anak usia dibawah usia 5 tahun, 54% anak laki-laki mengalami gangguan perkembangan, 95% dari anak-anak yang mengalami gangguan perkembangan pada negara dengan pendapatan rendah hingga menengah. Permainan ular tangga merupakan salah satu motode yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan asuhan keperawatan dengan melakukan penerapan bermain ular tangga untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak prasekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan 2 orang subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan terapi bermain ular tangga dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak prasekolah, dimana pada subjek I sebelum penerapan terapi bermain ular tangga didapatkan hasil pengukuran kemampuan kognitif anak belum berkembang (BB), sesudah penerapan terapi beramin ular tangga didapatkan hasil bahwa perkembangan kognitif anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan pada subjek II sebelum penerapan terapi bermain ular tangga didapatkan hasil pengukuran kemampuan kognitif anak belum berkembang (BB), sesudah penerapan terapi beramin ular tangga didapatkan hasil bahwa perkembangan kognitif anak berkembang sangat baik (BSB). Dapat disimpulkan bahwa penerapan terapi bermain ular tangga dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak prasekolah. Diharapakan orang tua dapat menerapkan terapi bermain ular tangga pada anak secara mandiri dan berulang sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak prasekolah

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel