FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI SAAT BEDSIDE HANDOVER.docx

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI SAAT BEDSIDE HANDOVER.docx

Penulis

  • admin adminjurnal_akimba

DOI:

https://doi.org/10.63404/juka.v8i1.146

Kata Kunci:

bedside handover, kepuasan pasien, komunikasi efektif, manajer keperawatan

Abstrak

Penerapan komunikasi saat bedside handover masih belum dirasakan secara optimal oleh pasien karena pasien sering tidak dilibatkan saat bedside handover terutama pada saat perencanaan perawatan pada dirinya. Tujuan penelitian ini adalah teridentifikasinya hubungan komunikasi saat bedside handover dengan kepuasan pasien pada rumah sakit di Banda Aceh serta tergambarnya faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kepuasan pasien (n=383). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara komunikasi saat bedside handover yang dipersepsikan oleh pasien, umur, dan lama hari rawat dengan kepuasan pasien pada rumah sakit di Banda Aceh. Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa penerapan setiap fase komunikasi efektif saat bedside handover oleh perawat mempengaruhi persepsi dan kepuasan pasien terhadap kualitas bedside handover. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan manajer keperawatan dalam meningkatkan kualitas komunikasi saat bedside handover melalui perannya dalam mengobservasi pelaksanaan bedside handover, pengarahan staf terkait kualitas informasi dan teknik komunikasi efektif, serta pentingnya keterlibatan pasien saat proses bedside handover.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel